Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bakso Ayam Sendiri Dari Rumah

Cara membuat bakso ayam sendiri dari rumah

Apakah pembaca sudah tahu bagaimana cara membuat bakso ayam sendiri dari rumah ? Kalau belum kebetulan sekali kalian mampir ke baksopapi.com tempatnya informasi seputar dunia perbaksoan.

Fakta membuktikan 8 dari 10 orang indonesia sudah pernah makan bakso, apalagi bakso sapi yang dijual di warung bakso pinggir jalan, memakai gerobak keliling maupun dengan motor.

Siapa sih yang gak suka makan bakso, sebagai orang indonesia bakso adalah salah satu makanan populer yang disukai semua kalangan tua muda baik anak-anak remaja maupun orang tua.

Nah berbeda dengan bakso sapi yang biasa kita beli, kali ini baksopapi.com akan mengangkat tulisan cara membuat bakso ayam sendiri dari rumah yang tak kalah enaknya dengan bakso sapi abang yang tiap hari lewat depan rumah.

Mengapa sih harus capek-capek buat sendiri bakso ayamnya ? Jawabannya bakso ayam rumahan gampang loh bikinnya, gak perlu harus beli daging sapi yang harganya mahal, dengan modal Rp.40.000,- saja kalian sudah bisa menikmati nikmatnya bakso.

Di masa pandemi covid-19 ini kita harus cerdas dalam memilih makanan dan juga mensiasati agar tidak terlalu banyak keluar rumah. Apalagi sekarang dengan adanya ojek online lokal semacam Ojek Kampung ASPIKMAS Kebasen, warga masyarakat sangat dimanjakan, mau pesan daging ayam tinggal hubungi Ojek Online soal harga juga kebih murah daripada beli di pasar.

Ojek kampung lokal tentunya murah, aman dan terpercaya karena kita tahu siapa saja yang jadi driver yang tentunya warga lokal di kawasan tersebut. Nah, itulah sekilas kenapa membuat bakso ayam sendiri dari rumah, baksopapi.com rekomendasikan untuk anda semuanya.

Berikut adalah cara membuat bakso ayam sendiri dari rumah ala baksopapi.com

Bahan bahan :

1. Daging ayam 1 kilogram dipotong kecil-kecil

2. Tepung tapioka 250 gram atau 1/4 kg

3. Putih telur 2 butir

4. Bawang putih 3 biji dipotong kecil-kecil

5. Penyedap rasa 1 sachet kecil

6. Merica 1/2 sachet


Bumbu Kuah Bakso Ayam Rumahan

1. Goreng bawang putih 9 siung dan bawang merah 9 siung serta kemiri 3 buah, ingat goreng utuh ya namun sebelumnya kulit bawang merah/putih harus dikupas dulu agar bersih. pastikan semuanya dicuci terlebih dahulu. setelah itu goreng sebentar hingga kecoklatan, lalu haluskan.
2. Merica bubuk, setengah sachet kecil atau sesuai selera sesuai kebutuhan
3. Tulang ayam dan ceker kalau ada
4. Garam sesuai selera
5. Dua sachet masako rasa ayam 
 

Cara membuat kuah bakso ayam rumahan, yaitu sebagai berikut :

Masukkan terlebih dahulu tulang ayam dan ceker ke dalam panci yang berisi air sebanyak 2,5 liter, rebus kurang lebih setengah jam, lalu masukkan semua bumbu kuah yang tadi sudah disiapkan, kasih garam dan coba dulu rasanya agar pas asinnya.


Langkah-langkah Cara Membuat Bakso Ayam Rumahan

Ikuti langkah-langkah cara membuat bakso ayam rumahan berikut ini, yaitu sebagai berikut :

1. Pertama-tama masukkan daging ayam dan putih telur ke dalam blender lalu nyalakan blender dan giling sampai halus

2. Siapkan wadah atau tempat baskom, panci kemudian masukkan daging ayam yang sudah halus tersebut ke wadah yang telah dipersiapkan

3. Masukkan tepung tapioka ( setengahnya ) masukkan juga bawang putih, penyedap rasa dan merica lalu aduk sampai merata

4. Jika dirasa sudah merata kemudian campurkan tepung tapioka sebagiannya lagi, lalu aduk lagi hingga benar-benar merata

5. Sementara itu siapkan kuah baksonya, rebus air kuah tersebut hingga panas atau mendidih 

6. Setelah air kuah  tersebut panas dan mendidih, buat bulatan bakso dengan tangan kanan, cemplungkan adonan yang dibentuk bulat tersebut ke dalam air panas

7. Terus lakukan seperti langkah ke 6 tersebut, hingga adonan habis

8. Setelah itu tunggu sampai adonan yang sudah berbentuk bulat tersebut  mengapung di atas air, itulah yang nantinya disebut bakso

9. Apabila sudah mengapung, berarti bakso sudah matang dan bakso ayam rumahan bikinan sendiri siap di sajikan. Selamat mencoba  di rumah !

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bakso Ayam Sendiri Dari Rumah"